Selasa, 18 Mei 2010

Penelitian Ilmiah BAB I

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dewasa ini perkembangan perkembangan perekonomian di Indonesia terus maju yang diikuti oleh beberapa faktor. Salah satu yang mendukung kemajuan perekonomian bangsa adalah kemajuan koperasi. Oleh karena itu pemerintah harus terus mendukung berkembangnya koperasi dengan berbagai cara untuk membantu pereokonomian Indonesia guna mencapai pembangunan nasional yang berkesinambungan.
Banyak cara yang dilakukan pemerintah untuk menggalakan program koperasi karena koperasi merupakan penggerak roda perekonomian yang bisa membantu kesejahteraan anggotanya, apabila seudah banyak koperasi maju maka kesejahteraan rakyat Indonesia pun bisa terus maju yang diikuti pula perekonomian bangsa yang lebih baik.
Salah satu cara pemerintah untuk mewujudkan koperasi di Indonesia adalah dengan mempermudah pendirian koperasi. Dengan memberi izin mendirikan koperasi maka banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh pemerintah selain masalah perekonomian rakyat kecil terbantu maka rakyat yang ikut menjadi anggota koperasi akan lebih sejahtera sesuai dengan tujuan utama koperasi yaitu mensejahterakan anggotanya. Selain itu masyarakat diajarkan untuk mengelola sendiri sebuah badan yang berlandaskan hukum untuk mencapai kehidupan rakyat yang lebih baik dalam hal finansial.
Dalam pendiriannya koperasi mendapatkan modal dari berbagai pihak seperti anggota melalui simpanan wajib dan simpanan pokok, selain itu pendanaan modal kopeasi dapat juga diperoleh dari pinjaman dana dari bank. Oleh karena diharapkan pemerintah bekerja sama dengan pihak bank untuk mempermudah pemberian kredit pada koperasi karena dengan adanya kredit tersebut kemajuan dan kelancaran koperasi bisa tercapai. Tentunya pemberian kredit tersebut harus diikuti oleh pemberian bunga yang tidak membebani kelangsungan usaha koperasi Disinilah peran pemerintah untuk membuat peraturan-peraturan yang melindungi koperasi agar tidak bermasalah dengan bank.
Banyak keuntungan yang dicapai dalam pemberian kredit bank tersebut. Pihak koperasi bisa terus melangsungkan usahanya dengan baik dan pihak bank pun bisa mencapai tujuannya yaitu mengedarkan dana pada masyarakat Dari uraian tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk mengambil judul untuk penulisan ilmiah ini adalah “Pengaruh Pemberian Kredit Bank Mandiri Pada Pertumbuhan Koperasi PT. Goodyear”

1.2 Rumusan Dan Batasan Masalah
1.2.1 Rumusan Masalah
Laporan keuangan koperasi memberikan gambaran tentang hasil/ perkembangan posisi keuangan koperasi tersebut. Untuk menganalisis dengan adanya pemberian kredit pada kopersi tersebut mempunyai peranan yang penting bagi koperasi atau justru mempunyai pengaruh yang kurang baik bagi usaha kopersi tersebut. Berdasarkan keterangan diatas maka dalam penulisan ilmiah ini, penulis memberikan rumusan masalah sebagai berikut:

1. Apa pengaruh pemberian kredit bank dalam keberlangsungan koperasi PT. Goodyear?
2. Seberapa jauhkah dampak kredit yang diperoleh kopersi untuk kelancaran usaha dan mensejahterakan anggota?

1.2.2 Batasan Masalah
Dengan memperhatikan perkembangan laba tiap periode, maka dapat diketahui apakah usaha yang dijalankan koperasi mengalami perkembangan atau tidak. Sehingga pada penulisan ilmiah ini, penulis memberikan batasan masalah hanya pada pemeriksaan laporan keuangan kopersi tahun 2008 dan 2009.


1.3 Tujuan Penelitian
Penulisan Ilmiah ini bertujuan :
1. Untuk mengetahui pengaruh pemberian kredit bank dalam keberlangsungan koperasi PT. Goodyear.
2. Untuk mengetahui seberapa jauh dampak kredit yang diperoleh kopersi untuk kelancaran usaha dan mensejahterakan anggota.

1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1. Manfaat Akademis
Penulisan ilmiah ini bermanfaat bagi mahasiswa dan bagi para pembaca, penulisan ilmiah ini untuk menambah pengetahuan penulis tentang pergram kredit yang diberikan bank pada koperasi.

1.4.2. Manfaat Praktis.
Dalam penulisan ini juga diharapkan agar koperasi mengetahi dampak positif dan negatif dengan meminjam dana dari pihak luar yaitu bank.

1.5 Metode Penelitian
Dalam pengumpulan data-data ataupun informasi untuk kepentingan penulisan ini menggunakan beberapa metode untuk membantu dalam pembuatan penulisan ini, adapun metode yang digunakan adalah :

1.5.1 Objek Penelitian
Koperasi karyawan PT. Goodyear Indonesia jln pemuda no 27 .

1.5.2 Data / Variabel
Penulis menggunakan data sekunder perusahaan sebagai data utama yang diperlukan untuk menganalisa. Data yang digunakan oleh penulis dalam penulisan ilmiah ini adalah Laporan Keuangan Koperasi PT. Goodyear 2008& 2009.


1.5.3 Metode Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data-data yang berhubungan dengan pokok pembahasan penulisan ilmiah ini, penulis menggunakan beberapa metode riset yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Adapun metode-metode yang dipergunakan adalah sebagai berikut :
1. Data Sekunder
Data ini diperoleh dengan cara mengumpulkan data yang telah diolah oleh pihak koperasi berupa dokumen-dokumen sebagai kerangka teoritis dan diperoleh dari studi keperpustakaan yang meliputi dari literatur, karangan-karangan dan tulisan lain yang mempunyai hubungan dengan objek penelitian.

2. Studi Kepustakaan
Untuk mengadakan perbandingan antara teori dan praktek penulis mencari dan membaca referensi melalui buku-buku dan literatur yang berkaitan dengan materi Penulisan Ilmiah ini.


1.5.4 Alat Analisis
Penulis dalam hal melakukan penelitian ini menggunakan alat analisis secara deskriptif dan kuantitatif.
1. Analisis Deskriptif adalah menganalisa masalah dengan cara mendeskripsikannya dengan menggunakan laporan keuangan kopersi dan tabel.
2. Analisis Kuantitatif adalah menganalisis masalah dengan cara perhitungan atau rumus-rumus akuntansi untuk menganalisa laporan keungan koperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar